Home » , » Adab-Adab Dalam Rumah

Adab-Adab Dalam Rumah

Adab amalan dan cara tips agar rumah diberkahi dalam sebuah lingkungan masyarakat perlu untuk diketahui dan dipahami oleh kita sebagai umat Islam yang juga ingin agar sunnah di dalam rumah bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai tuntunan Islam dan sunnah Rasulullah SAW.

Rumah adalah tempat berkumpulnya anggota keluarga ketika melaksanakan sebagian aktivitas. Berkaitan dengan hal ini Rasulullah telah mencontohkan dan memberikan tuntunannya bagaimana seharusnya kita memperlakukan dan beraktifitas dalam rumah.

Rasulullah menjadikan rumah yang Islami sebagai tempat tinggal sebatas kebutuhan, baik untuk menutupi diri dari pandangan orang, menghindarkan diri dari bahaya panas, dingin, hujan dan angin serta menjaga apa yang hidup di dalamnya seperti binatang peliharaan dan lainnya.

Adab-Adab Dalam Rumah Islami

Dalam berbagai riwayat disebutkan bahwa rumah Rasulullah SAW sangat sederhana namun nyaman, baik dan harum karena keringat atau bau beliau sendiri.

Beliau tidak menghiasi dan membangun rumahnya secara berlebihan.

Rumah beliau bukanlah rumah yang megah sehingga orang lain takut jika hancur. Rumahnya tidak pula menjulang tinggi sehingga menjadi tempat bagi sarang binatang, menjadi sasaran hembusan angin kencang.

Dan bukan pula rumah bawah tanah sehingga menyerupai rumah para diktator-diktator terdahulu, bahkan mungkin mengganggu orang yang tinggal di dalamnya karena minim dan kosongnya oksigen, sinar matahari dan diselimuti kegelapan atau menjadi hunian mahluk-makhluk.

Pada umumnya masyarakat yang beragama islam sebaiknya untuk menerapkan syariat ajaran islam di dalam desain rumahnya. Disamping bertujuan untuk memperoleh desain rumah yang bagus tetapi tetap berdasarkan syariat Islam. Membangun rumah berdasarkan syariat Islam hanya semata untuk mencari ridha dan pahala dari Allah SWT.

Di dalam rumah, Rasul juga telah mencontohkan semua aktivitas alias adab-adab Islam.

Berkaitan dengan rumah, islam telah memberikan beberapa contoh dan teladan serta juga Adab Tuntunan Sunnah Islam Dalam Rumah. Antara lain adalah sebagai berikut seperti informasi yang dilansir dari Islampos :

Dzikir ketika Masuk Rumah dan Makan

Hal ini berdasarkan hadits Jabir dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda, yang artinya :
"Bila seseorang memasuki rumahnya lalu menyebut nama Allah ketika masuk dan makan, maka berkatalah syetan, “Tidak ada tempat tinggal dan makanan malam untukmu.’ Bila ia masuk tetapi tidak menyebut nama Allah ketika masuk, maka berkatalah syetan, “Kamu sudah mendapatkan tempat tinggal.” Dan bila ia tidak menyebut nama Allah ketika makan, maka berkatalah setan, “Kamu sudah mendapatkan tempat tinggal dan makan malam." (HR. Muslim).

Sehingga dengan demikian ketika akan masuk rumah harus membaca basmalah atau menyebut nama Allah seperti ucapan, "La Ilaha Illallah."

Bersyukur Kepada Allah Atas Nikmat Adanya Rumah

Allah berfirman, yang artinya :
“Ingatlah ketika Tuhanmu mengumumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)
Imam As-Sa’di menjelaskan, inti makna arti syukur ada 3 yaitu :
  1. Mengakui bahwa nikmat itu dari Allah, dan bukan semata hasil karyanya
  2. Memuji Allah atas nikmat yang telah Dia anugerahkan
  3. Menggunakan nikmat itu untuk kegiatan yang Allah ridhai, dan bukan untuk sesuatu yang terlarang.
Shalat Sunnah di Rumah

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari Ibn Umar radhiyallahu ‘anhu, yang artinya : "Jadikanlah sebagian dari shalat kamu (shalat sunnah) di rumahmu dan janganlah menjadikannya sebagai kuburan." (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Tidak Memuat Gambar atau Patung

Hal ini sebagaimana hadits yang bersumber dari Abu Thalhah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Sesungguhnya para malaikat tidak memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar.” (Muttafaq ‘alaih). Di dalam lafal al-Bukhari, “dan juga gambar patung.”

Hadits-hadits yang berkenaan dengan hal ini mengandung beberapa permasalahan, di antaranya:
  • Gambar-gambar para tokoh terkemuka, para pemimpin dan nenek moyang yang digantungkan adalah diharamkan.
  • Gambar-gambar yang dihinakan seperti yang terdapat dalam karpet, bantal dan sebagainya tidak apa-apa, demikian pula dengan gambar yang ada di dalam kaleng dan sebagian makanan, posisinya adalah sebagai sesuatu yang dihinakan. Demikian pula yang dikarenakan kondisi darurat atau ada keperluan.
Tidak Berlebihan dalam Membangun Rumah

Hal ini sebagaimana hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Di antara tanda-tanda datangnya hari Kiamat adalah bila para penggembala ternak berlomba-lomba dalam membangun.” (HR. al-Bukhari).

Al-Hafizh Ibn Hajar mengatakan, “Terdapat celaan dalam membangun secara mutlak dalam hadits Khabbab, “Seorang laki-laki akan diganjar pahala dalam semua nafkah yang ia keluarkan selain tanah.” (HR. at-Tirmidzi)

Tips Cara Agar Rumah Mendapat Berkah Dan Rahmat Allah


Rumah yang islami adalah rumah yang di dalamnya berkumpul anggota keluarga yang mentaati Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Rumah yang islami dan diberkahi adalah anggota keluarganya melaksanakan adab-adab islami di dalam rumahnya yang ditempatinya.

Rumah yang diberkahi berarti rumah yang dilimpahi kebaikan dan selalu mendapat petunjuk Allah Subhanahu Wata’ala.

Kita berharap dengan diberkahinya rumah yang kita diami, maka senantiasa akan dihadiri oleh para malaikat dan dijauhkan dari setan. Sebab, kehadiran malaikat di rumah kita akan membawa suasana ketenangan, kelapangan, kedamaian, dan kesejukan.

Tips Cara Agar Rumah Mendapat Berkah Dan Rahmat Allah

Berikut beberapa tips kriteria syarat dan adab rumah Islami agar mendapat berkah Allah Ta'ala antara lain adalah sebagai berikut :

Membaca Al Quran

Alangkah indahnya apabila di setiap rumah terdengar ayat-ayat Allah. Dengan membaca al-Qur`an, maka malaikat rahmat akan turun membawa kebaikan dan ketenangan dalam rumah kita. Rumah yang tidak dibacakan al-Qur`an ibaratnya kuburan. Padahal, di dalamnya masih ada penghuninya.

Mulailah dari rumah kita. Lantunkan ayat-ayat al-Qur`an dengan membaca langsung atau memperdengarkan kaset/CD murattal setiap hari.

Jangan ragu, dan jangan pesimis. Tidak ada kata terlambat. Teruslah belajar. Allah memberi pahala bagi hambanya yang bersungguh-sungguh mau belajar al-Qur`an.

“Orang yang membaca al-Qur`an dengan terbata-bata dan ia merasa sulit maka baginya dua pahala.” (Riwayat Muslim)

Teladan kita Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan di datangi malaikat, dijauhi setan, dan akan dibanjiri pula kebaikan di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat, dan akan didatangi setan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan al-Qur`an. (Riwayat Ad-Darimi)

Al-Qur`an adalah sumber pahala dan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala. “Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur`an, baginya satu pahala dan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. ‘Alif laam miim’ itu bukan satu huruf, namun alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (Riwayat Tirmidzi)

Memanjatkan Doa

Berdoa yang dimaksud adalah memohon dan berharap sesuatu hanya kepada Allah yang Maha Mencipta. Berdoa adalah puncak ibadah yang menggambarkan peristiwa pertemuan seorang hamba dengan Sang Khaliq. Ini adalah salah satu dari arti makna hakekat dari Tujuan Hikmah Manfaat Keutamaan Berdoa Dalam Islam.

Kita dianjurkan membaca doa ketika masuk rumah, dan membaca doa ketika keluar rumah. Bahkan, bukan itu saja. Setiap akan beraktivitas di rumah kita harus membaca doa. Allah senang jika ada hambanya yang berdoa.

Dalam sebuah Hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kalian mintalah kepada Allah dari anugerah-Nya. Sesungguhnya Allah senang untuk diminta. (Riwayat Tirmidzi dan Abu Nu’aim)

Mendirikan Shalat

Kita dianjurkan untuk banyak melakukan shalat sunnah di rumah. Lakukanlah shalat-salat sunnah rawatib, yakni shalat sunnah yang mengiringi shalat-shalat wajib di rumah kita. Misalnya, shalat sebelum dan sesudah shalat Dhuhur, sebelum dan sesudah shalat Isya’, dan sebelum shalat Subuh. Selain itu, juga melaksanakan shalat Tahajud, dan shalat Dhuha.

Karena memang banyak Hikmah Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib itu sendiri.

Sabda Nabi SAW, “Jadikan shalatmu di rumah, jangan jadikan rumahmu seperti kuburan.” Maksudnya, shalat sunnah bagi laki-laki di rumah. Sedangkan bagi laki-laki diperintahkan melaksanakan shalat wajib berjamaah di masjid atau mushalla, sedangkan untuk wanita di rumah.

Memperhatikan Kebersihan Rumah

Kebersihan dalam Islam adalah hal yang utama sebab kebersihan dalam Islam, merupakan sebagai bagian dari iman. Karena itu, diwajibkan bagi umat Islam untuk menjaga kebersihan rumah, agar rumah selalu terlihat bersih dan indah.

Rumah yang kotor akan menjadi sarang penyakit dan dapat membahayakan kesehatan Anda juga para penghuni rumah yang lainnya, oleh karena itu jangan malas untuk membersihkan rumah. Bersihkan rumah secara rajin, rutin dan teratur.

Memperhatikan Taman Rumah

Menjaga kelestarian dan keindahan taman adalah merupakan ajaran dalam Islam juga karena tumbuhan yang ada di taman rumah juga merupakan ciptaan Allah oleh karena itu jagalah keindahan taman rumah Anda dengan baik. Apabila dirumah Anda tidak memiliki taman rumah, bisa juga Anda untuk menanam tanaman di dalam pot.

Menanam pohon adalah merupakan salah satu anjuran yang di ajarkan dalam Islam. Sebagaimana yang disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an bahwa di surga terdapat pohon-pohon yang berbuah dan buah tersebut juga sangat mudah untuk di petik. Jadi jika dirumah Anda memiliki halaman yang cukup luas tidak ada salahnya Anda untuk menanam pohon-pohon yang hijau, berbuah serta meneduhkan.

Memperhatikan Tata Letak Toilet

Letak toilet di rumah jangan menghadap atau membelakangi arah kiblat dan usahakan tempat untuk wudhu terpisah dari toilet. Hal ini untuk menghindari diri dari najis karena berwudhu adalah untuk mensucikan diri sedangkan toilet adalah tempat dimana kita mengeluarkan kotoran.

Demikianlah beberapa tips desain rumah islami yang bagus dan sangat sederhana serta sangat mudah untuk di aplikasikan. Dan serta juga beberapa adab di rumah serta agar rumah diberkahi Allah.

Disamping itu sebagai seorang muslim yang baik sebaiknya kita juga harus memuliakan tetangga, sebab memuliakan tetangga adalah merupakan ajaran dalam islam yang sangat penting untuk di praktekkan dalam kehidupan.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru Info Sharing