Home » » Cara Mendapatkan Kebahagiaan Hidup

Cara Mendapatkan Kebahagiaan Hidup

Mencapai kebahagiaan hidup adalah merupakan keinginan bagi setiap manusia. Karena hal ini adalah merupakan impian dan dambaan hidup manusia. Manusia tidak menginginkan kehidupannya menjadi susah dan penuh dengan masalah. Karena itu ada beberapa cara tips mendapatkan kebahagiaan hidup dunia dan akherat yang berdasarkan ajaran agama kita yaitu Islam.

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan kebahagiaan hidup dunia akherat yaitu :

Bertakwa.
Allah menjanjikan bagi orang-orang yang bertaqwa, akan dilimpahkan berkah dari langit dan bumi yaitu :"Jikalau sekiranya penduduk negri-negri itu beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan limpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka sendiri. ( QS. Al-A’raf :96). Untuk itulah salah satu jalan meraih kebahagiian hidup ini adalah dengan bertakwa.

Tips Cara Bahagia Dunia Akhirat

Pengertian takwa adalah menurut para ulama yaitu taqwa yaitu menjaga jiwa dari perbuatan yang membuatnya berdosa , dengan cara meninggalkan apa yang dilarang, dan hal itu menjadi sempurna dengan meninggalkan sebagian yang dihalalkan. [Lihat Al-Mufrodat fi Ghoribil Qur’an (hal. 545)]. Oleh karena itu, orang yang tak menjaga dirinya dari perbuatan dosa, dan mengabaikan perintah Allah, maka dia bukanlah termasuk orang yang bertaqwa. Padahal, ketaqwaan itu merupakan kunci kebahagiaan di dunia dan diakhirat.

Untuk itulah setiap orang yang menginginkan kebahagiaan dan keluasan rezki serta kemakmuran hidup, maka hendaknya ia mentaati perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Janganlah mencari kebahagiaan dunia akherat itu dengan cara yang haram bahkan sampai bersusah payah ke dukun, sebab dukun itu sendiri bersusah payah mencari kebahagiaannya dengan cara menipu manusia.

Banyak Beristighfar Dan Bertaubat.
Istighfar dan taubat merupakan sebab-sebab bahagia dunia akhirat dan juga kebahagiaan seseorang dan sebab keluarnya karunia Allah Ta’ala dari langit dan bumi. Sebagaimana yang telah diucapkan Nabi Nuh –‘alaihi salam- kepada kaumnya di dalam Al-Qur’an yang artinya,"Maka aku katakan kepada mereka,’mohonlah ampun kepada Tuhanmu’, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai..."( QS.Nuh :10-12).

Begitu besar dan banyaknya buah dan manfaat istighfar dan taubat berupa kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Bahkan, barangsiapa yang ingin diberi kebahagiaan yang terus menerus, maka hendaklah selalu beristighfar dan juga bertaubat.

Bersedekah Di Jalan Allah.
Begitu banyak manfaat dan keutamaan bersedekah ini. Beberapa manfaat keutamaan sedekah ini adalah mempererat tali silaturahmi dan juga merupakan salah satu jalan untuk menyambung silaturahmi antara sesama manusia, sedekah dapat melapangkan kesempitan, menghentikan dari meminta-minta, membantu orang yang lapar menjadi kenyang, memberikan kegembiraan kepada anak kecil, menyenangkan hati orang dewasa dan menciptakan kebahagiaan ditengah-tengah kaum muslimin.

Allah berjanji akan menggantikan apa saja yang diinfakkan di jalan-Nya. Sedangkan janji Allah adalah benar, tak ada keraguan di dalamnya. Karenanya, seyogyanya kaum muslimin berlomba untuk meraihnya, dan jangan takut dan ragu terhadap janji Allah, saat setan menakut-nakutimu dengan kafakiran.

Demikian beberapa hal yang berhubungan dengan cara mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat kelak.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. itulah manusia.... semua manusia pasti ingin bahagia hidupnya... untuk mendapatkan kebahagian itu perlu tuntunan yang baik... yakan mas....?

    ReplyDelete