Home » » Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat kopi bagi kesehatan memang penting untuk diketahui. Apalagi bagi pera penikmat kopi yang banyak didunia ini. Banyak penelitian kesehatan baik di dalam maupun di luar negeri yang mempublikasikan akan manfaat minum kopi dalam bidang kesehatan. Yang mengkonsumsi kopi rutin dalam sehari akan bisa mengurangi resiko dari terkena berbagai jenis penyakit.

Diantara beberapa jenis penyakit yang bisa diturunkan karena akibat dari efek minum kopi ini adalah diabetes, kelainan jantung, kanker kolon, sirosis hati, batu empedu, dan sakit kepala. Kandungan kafein dalam kopi juga bisa jadi penawar untuk perokok aktif. Maka penting juga bagi para perokok aktif juga untuk mengetahui akan hubungan kopi dengan merokok serta juga bagaimana cara dan tips menghentikan kebiasaan merokok yang merusak kesehatan tubuh kita juga.

Kopi adalah merupakan suatu jenis minuman yang berwarna pekat yang mampu memberikan citra rasa unik dan nikmat bagi para pecandu minum kopi itu sendiri. Bahkan hal ini bisa memberikan efek candu bagi penikmat kopi karena kandungan kafein yang terdapat dalam minuman ini. Kafein adalah merupakan senyawa kimia alkaloid yang lebih dikenal dengan trimetilsantin dengan rumus molekul kimianya adalah C8H10N402. Sedangkan jumlah kadar kafein yan terdapat dalam kopi adalah berkisar antara 1-1,5%.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Dari beragam informasi yang didapatkan dalam internet, manfaat minum kopi bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan akan banyak yang didapat. tetapi bila konsumsi kopi secara berlebihan dari takaran yang seharusnya maka justru sebaliknya, kopi akan bisa berakibat buruk terhadap kesehatan juga.

Beberapa khasiat minum kopi untuk kesehatan diantaranya yaitu :

Mengurangi Rasa Sakit Kepala.
Menurut Seimond Damor, seorang ahli dari Chicago's Diamond Headache Clinic mengatakan bahwasannya kandungan kafein yang ada dalam kopi ini dapat mengurangi rasa sakit kepala baik itu migrain karena meminum secangkir kopi hitam yang pekat.

Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker.
Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker hati, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Berpengaruh Dalam Kognitif Seseorang.
Studidan penelitian atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Negara Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Diabetes.
Ada penelitian yang menyebutkan kegunaan minum kopi untuk untuk menurunkan faktor resiko penyakit diabates mellitus terutama dalam kategori diabetes tipe 2 salah satunya adalah penelititian dari Huazhong University of Scince and Technology yang menemukan sedikitnya tiga kandungan senyawa alami terkandung dalam kopi, yaitu kafein, asam kafeik dan asam klorogenik. Tiga senyawa tersebut yang mempunyai khasiat dalam menangkal perkembangan racun dari protein terkait hubungannta dengan risiko diabetes tipe 2 ini.

Menurunkan Resiko Terkena Demensia.
Para peneliti yang meneliti mengenai kegunaan manfaat minum kopi ini juga telah menunjukkan bahwa para peneliti telah percaya mengenai kandungan zat sifat antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular. Minum kopi sudah dikenal melindungi terhadap diabetes tipe 2, penyakit kronis yang meningkatkan risiko demensia. Para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan perubahan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Tetapi para ilmuwan belajar lebih banyak tentang faktor risiko demensia dan kebiasaan minum kopi hangat tampaknya dapat menurunkan risiko.

Bagus Untuk Kesehatan Kulit.
Minum kopi dapat membantu menangkal bentuk paling didiagnosis kanker kulit. Sebuah studi dalam jurnal Cancer Research yang khusus mengamati kafein dalam kopi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena karsinoma sel basal. Sehingga dari hal ini bisa dikatakan bahwa ada manfaat kopi untuk kecantikan dan kesehatan kulit juga.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru Info Sharing