Home » » Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat Madu memang telah dikenal masyarakat luas kita. Secara garis besar khasiat madu antara lain adalah sebagai merupakan bagian dari beberapa sumber alami untuk energi tubuh kita. Dan juga digunakan sebagai sistem imunisasi tubuh yang bagus dan menyehatkan selain yang didapat dari program pemberian obat secara medis yang kita kenal juga.

Madu adalah merupakan jenis minuman manis yang terbukti berkhasiat serta banyak memberikan manfaat menyembuhkan semua macam penyakit, bahkan dalam agama Islam madu adalah salah satu minuman yang dimuliakan. Hal ini berdasarkan salah satu ayat Al-Qur'an yang artinya :" Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia". Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan". (QS. An Nahl 68 – 69 ). Dan inilah dalil Al-Qur'an mengenai manfaat madu menyembuhkan penyakit.

Manfaat Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Kemukjizatan madu sebagaimana disampaikan al-Quran telah terbukti secara ilmiah. Dalam tafsir al-Quran, sayyid Quthb mengungkapkan, madu sebagai obat penyembuh penyakit sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para para pakar kedokteran. Inilah salah satu bukti kebenaran ayat al-Quran yang harus diyakini umat manusia.

Ibnu Sina juga telah meneliti manfaat madu untuk perawatan kecantikan tubuh. Menurut Ibnu Sina, madu dan juga minyak zaitun mampu menjadi obat mujarab yang digunakan sebagai kosmetika yang memiliki beragam khasiat dan manfaat yang banyak untuk kesehatan serta kecantikan.

Zat-zat yang terkandung dalam madu ini sangat penting bagi kelancaran proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka macam jenis penyakit. Sementara kandungan enzim dalam madu dilaporkan paling tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat madu bagi kesehatan yaitu :

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia.
Kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam madu ini akan sangat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imun terhadap berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh. Yang paling banyak adalah untuk meningkatkan kinerja organ-organ perncernaan kita. Kandungan Madu juga memiliki kandungan nutraceuticals yang dapat untuk melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita. Selain itu antioksidan dalam madu yang disebut 'pinocembrin' yang ini membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda

Sumber Vitamin Dan Mineral.
Kandungan madu yang kaya akan vitamin dan juga mineral akan sangat membantu dalam meningkatkan ksehatan serta kebugaran dalam tubuh kita. Vitamin yang banyak terdapat dalam madu diantaranya yaitu vitamin C vitamin B(B2,B3,B6,B9). Jenis mineral yang banyak di madu adalah kalsium, magnesium, gula, karbohidrat.

Mambantu Proses Penyembuhan Luka.
Kandungan madu diantaranya yaitu hydrogen peroksida mampu untuk melawan infeksi yang ada. Sehingga dengan tidak adanya infeksi pada luka maka hal ini akan berdampak positif bagi proses penyembuhan luka yang sedang terjadi serta mencegaj timbuknya infeksi. Kandungan zat di atas dapat menyerap kotoran dan cairan yang ada dalam luka tersebut. Setelah terjadi proses penyerapan, maka kegunaan fungsi madu selanjutnya adalah menghentikan mikro organisme serta bakteri penyebab terjadinya infeksi. Selain itu madu juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit karena mengandung anti inflamasi alami.

Membantu Menurunkan Glukosa Darah Serta Kolesterol Darah.
Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh. Meskipun rasanya manis, madu ini mempunyai indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap sehingga pada penderita diabetes mellitus (DM) aman untuk menkonsumsi madu. Tetapi hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Untuk mendapatkan manfaat madu yang lebih efektif dan juga optimal untuk kesehatan tubuh kita.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan madu serta manfaatnya bagi dan untuk kesehatan tubuh kita sendiri.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

1 komentar: