Home » » Penyebab Asma

Penyebab Asma

Penyakit asma adalah merupakan bagian dari berbagai jenis penyakit yang menyerang paru dan organ pernafasan kita. Ketika terjadi serangan asma berulang maka ketika kita melihat penderitanya tentunya hati kita tak akan tahan karena tanda gejala asma yang sedang teradi padanya. Pengertian penyakit asma adalah adalah peradangan kronik saluran nafas, sehingga bukan hanya penyempitan saluran nafasnya sajayang terjadi.

Bila yang menyebabkan penyakit ini karena alergi maka seringkali disebut dengan istilah asma alergik. Ada juga yang menyebabkan terjadinya asma bronkial diantaranya adalah beberapa ahli mengaitkan penyakit bengek ini dengan alergi. Bisa juga karena faktor dari keturunan. Sehingga bila orang tua atau pun kakek nenek mengidap asma maka anak atau pun cucu-cucunya bisa juga terserang penyakit asma juga. Faktor penyebab asma lainnya bisa dikarenakan faktor dari lingkungan. Yang hal ini merupakan sebuah resiko kehidupan yang serba modern yang tidak terlepas dari apa yang dinamakan dengan polusi udara.

Penyabab Asma Dan pengobatan Asma

Ada beberapa tanda gejala asma yang bisa kita kenali ketika penderitanya sedang kambuh. Diantara tanda awalnya adalah timbulnya keluhan batuk, rasa berat dirasakan di dada, dan dirasakan sebagai sakit dada dan juga rasa seperti tertekan dan kemudian hal ini akan berlanjut yang menyebabkan seseorang itu akan menjadi sesak nafas. Tanda penyakit asma yang paling ringan adalah batuk dan seringkali terjadi ada waktu malam hari sampai dengan menjelang pagi. Pencetus batuk pada asma oleh karena zat-zat tertentu apakah lewat makanan atau kontak makanan atau pun kontak hidup.

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab asma yaitu :

Keturunan Keluarga.
Bila orang tua atau pun kakek nenek mempunyai riwayat penyakit asma, maka keturunannya akan lebih mudah terkena penyakit semacam ini. Maka seringkali disebut sebagai penyakit keturunan dan bukan bagian dari penyakit yang menular. Untuk itulah bila memang diketahui silsilah keluarga mempunyai riwayat penyakit yang satu ini maka alangkah bijaksananya bila kita berkonsultasi dengan dokter spesalis Dalam sub pulmonologi untuk mengatahi bagaiman cara mencegah timbulnya penyakit asma dan juga mengetahui akan faktor pemicu pencetus penyakit asma ini sehingga bisa meminimalisasi efek samping ketika terjadi serangan atau kambuhnya.

Dampak Dari Pencemaran Udara (Lingkungan).
Perkembangan penyakit ini kian lama bisa disebabkan karena polusi udara yang telah begitu banyak terjadi di negara kita tercinta ini. Pencemaran udara daripada asap rokok, asap kendaraan bermotor dan asap kilang atau asap pabrik juga menjadi faktor pencetus asma itu sendiri.

Faktor Makanan (Alergi).
Penyakit asma bisa juga disebabkan karena faktor alergi terhadap beberapa jenis bahan makanan tertentu. Hal ini dalam dunia medis dikenal dengan asma alergik.

Pengobatan asma yang dianjurkan adalah dengan tehnik cara pemberian obat secara inhalasi. Hal ini karena dengan pengobatan dengan obat inhalasi ini bekerja langsung di target organ yang sakit tersebut. Pilihan obat inhalasi untuk penderita asma ini jika digunakan dalam jangka waktu lama relatif aman. Karena dosis yang diberikannya pula sangat rendah. Tentunya hal ini pula harus atas anjuran dokter dan tim medis pula.

Itulah sedikit mengenai penyakit asma dan pengobatan yang bisa diberikan kepada penderita asma serta hal-hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya asma pada diri seseorang.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru Info Sharing