Home » » Penyebab Mitos Fakta Mimpi Buruk

Penyebab Mitos Fakta Mimpi Buruk

Arti tafsir mimpi baik buruk terkadang membuat seseorang menjadi tersugesti sendiri dari mimpi yang dialaminya. Bila memndapatkan mmpi yang baik tentunya akan membuat senang. Begitu juga bila mendapatkan mimpi yang buruk maka seringkali menjadikan seseorang menjadi stres khawatir cemas sendiri. Untuk itulah kita belajar bersama mengenai ada apa di balik arti mimpi buruk itu sendiri ?

Ada beberapa keterangan hadist yang berisikan mengenai mimpi ini. Berikut ini adalah arti dari sebuah hadist dari Abu Qatadah r.a : "Mimpi baik itu dari Allah dan mimpi buruk itu dari syaithan. Barangsiapa mimpi sesuatu yang tidak disukainya, hendaknya ia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan memohon perlindungan dari syaithân. Maka mimpi itu tidak akan membahayakannya." (HR Bukhari Muslim).

Penyebab Mitos Fakta Mimpi Buruk

Penyebab Mimpi Buruk

Mimpi buruk umumnya terjadi pada anak-anak karena sering merasa ketakutan, tetapi sering juga dialami orang dewasa karena perasaan cemas yang melandadan juga berlebihan. Sebenarnya apa saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan mimpi buruk :
Kecemasan dan Stres
Rasa cemas dan stres sering kali terjadi akibat kejadian traumatik di masa lalu. Berdasarkan penelitian dari International Association for the Study of Dreams, sebuah operasi besar, kehilangan orang yang dicintai, dan menyaksikan kecelakaan tragis bisa menjadi pemicu mimpi buruk.

Post traumatic stress disorder (PTSD) juga merupakan penyebab utama mimpi buruk yang berulang-ulang. Tak hanya trauma yang menyebabkan mimpi buruk, tetapi juga stres yang dialami sehari-hari seperti usaha yang mengalami kebangkrutan, masalah keuangan ekonomi, ataupun perceraian.

Pengaruh Obat-obatan
Ada Beberapa jenis obat yang dikonsumsi termasuk di dalamnya adalah obat antidepresi, barbiturat, dan narkotika dapat menyebabkan mimpi buruk sebagai efek samping penggunaannya. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Psychopharmacology, diungkapkan bahwa ketamin—obat yang digunakan dalam anestesi akan membuat dan berdampak pada ketidaknyamanan tidur dan mimpi buruk jika dibandingkan dengan obat lainnya.

Konsumsi Makanan Berlemak
Beberapa penelitian telah menunjukkan, semakin banyak konsumsi makanan tinggi lemak, kemungkinan besar jumlah dan kualitas tidur seseorang akan semakin berkurang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Reports menemukan bahwa mimpi orang yang mengkonsumsi makanan organik berbeda dengan orang yang menyantap junk food.

Alkohol
Alkohol adalah bahan yang bersifat antidepresi yang bisa membantu seseorang untuk tertidur dalam jangka pendek. Namun, setelah efeknya hilang, alkohol justru akan membuat orang akan menjadi sulit tidur. Kelebihan konsumsi juga bisa membuat mimpi buruk. (female.kompas.com)

Adab Islam Ketika Mengalami Mimpi Buruk

Islam telah mengajarkan umatnya mengenai apa yang harus dilakukan ketika mimpi buruk telah dialami oleh seseorang. Berikut beberapa hal yang diajarkan Rasulullah SAW ketika mimpi buruk yang dilakukan antara lain adalah sebagai berikut :
  • Meludah kekiri 3 kali.
  • Memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dari setan 3 kali, dengan membaca “A’udzu billahi minas-syaithanir-rajiim” atau bacaan ta’awudz lainnya.
  • Memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan mimpi tersebut.Mengubah posisi tidurnya dari posisi semula ia tidur, jika ia ingin melanjutkan tidurnya, walaupun ia harus memutar kesebelah kiri dan mengubah posisi tidurnya (lambungnya yang tadinya berada di satu sisi di ubah ke sisi yang lain). Ini adalah bagian dari tips cara mencegah mimpi buruk terulang kembali.
  • Bangun dari tidur lalu berwudhu dan menunaikan shalat.
  • Tidak boleh menafsir mimpi tersebut baik menafsir sendiri atau dengan meminta bantuan orang lain.
  • Tidak menceritakan mimpi buruknya kepada orang lain.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru Info Sharing