Home » » Penetapan Pengangkatan NIP CPNS Honorer K2

Penetapan Pengangkatan NIP CPNS Honorer K2

Penetapan SK NIP Honorer K2 Lulus CPNS 2013 dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) formasi khusus cpns tenaga honorer kategori II tahun anggaran 2013-2104 telah keluar dan terbit. Dan hal ini tentunya dinantikan oleh seluruh tenaga khusus honorer K2 yang menantikan penerbitan SK NIP Pengangkatan honorer K2 sebagai CPNS resmi dari pemerintah.

NIP CPNS Honorer K2 lulus cpns 2013 ini juga ditunggu para tenaga honorer yang ada di beberapa instansi pemerintah kementrian dan lembaga negara serta juga honorer k2 pemerintah daerah (pemda) provinsi kabupaten kota seluruh Indonesia.

NIP CPNS honorer kategori II kemendikbud, kemenkes, kemenag, kemenkumham, kemenkeu, kemendag, kemenhub, nip honorer kemensos, kemenhut dan instansi lembaga negara lainnya juga ada yang telah keluar dan ada yang masih dalam proses penerbitan penetapan Nomor Induk Pegawai CPNS Tenaga honorer K1 dan K2.

Penetapan Pengangkatan NIP CPNS Honorer K2

Cara Mengetahui NIP CPNS Honorer K2 Website BKN


Untuk mengetahui cara bagaimana mengecek apakah NIP Honorer kategori II sudah keluar apa belum bisa dilihat di link website resmi bkn di www.bkn.go.id lalu lihat di bagian kanan di baris ke 3 di bawah link pengumuman.

Disitu tercantum kolom informasi mengenai PROFIL PNS dan pada kolom tersebut anda tinggal menulis NIP CPNS honorer yang lulus.

Cara dan langkah mengetahui NIP cpns honorer keluar atau belum adalah sebagai berikut :
  1. Buka situs Badan Kepegawaian Negara. Ini Website resminya : www.bkn.go.id
  2. Lalu lihat bagian kanan, ada kolom isian profil pegawai.
  3. Kolom Isian Profil Pegawai Negeri Sipil
  4. Kolom Isian Profil Pegawai Negeri Sipil
  5. Pada kolom NIP, masukkan perkiraan NIP rekan-rekan, misalkan jenis kelamin perempuan, lahir pada tanggal 20 Januari 1984, maka masukkan 198401202014062001.
  6. Jika masih belum mengerti dan memahami maksudnya adalah bahwa, 19840120 ini adalah merupakan tanggal lahir, 201406 adalah bulan tahun pengangkatan, bila TMT dimulai pada bulan Juni 2014, 2 ini adalah jenis kelamin ( perempuan/wanita), 001 adalah nomor urut kepegawaian.
  7. Jika pada urut pegawaian 001 belum muncul nama anda, ganti menjadi 002 dan seterusnya. Maka disini adalah letak kita untuk bisa memperkirakan nomor urut kepegawaian kita masing-masing.
  8. Lakukan sampai muncul identitas anda, atau jika belum, sampai muncul gambar seperti dibawah ini.
  9. Jika belum muncul, artinya masih di dalam proses penetapan resmi dari BKN dan tentunya kita juga dimohon untuk bersabar

TMT Honorer K2 Lulus CPNS


Penentuan mulai berlakunya pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS. Usulan hingga akhir Februari, maka penetapan pengangkatannya terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Maret 2014. Untuk usulan hingga akhir Maret, TMT 1 April 2014, dan seterusnya. Untuk usulan hingga akhir Mei, TMT 1 Juni 2014.

Berkas usul penetapan NIP juga harus dilampiri pengumuman keputusan kelulusan dari masing- masing Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Dalam Surat Kepala BKN bernomor: K.26-30/V.23-4/99 itu juga diingatkan keharusan adanya surat pernyataan dari PPK yang menyatakan bahwa data tenaga honorer K2 yang diusulkan NIP-nya itu sudah dipastikan kebenaran dan keabsahannya.

Peserta yang lulus CPNS Honorer 2013

Berikut untuk mengetahui pengumuman kelulusan CPNS Tenaga Honorer K2 tahun 2013 Kementerian atau Pemda (pemerintah daerah) yang dilamar seperti yang dilansir dari website cpns.liputan6.com seperti terlihat pada gambar screenshot di bawah ini :

Cara Mengetahui NIP CPNS Honorer K2

Untuk membantu verifikasi, Panselnas menyiapkan formulir 10 kolom mengenai nama, nomor ujian, umur, Terhitung Mulai Tanggal (TMT), ijasah waktu diangkat sebagai tenaga honorer, ijasah sekarang, posisi pekerjaan, di mana dia bekerja, dan lain-lain.

Kolom-kolom itu harus diisi dengan akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karena itu, dalam pengumuman kali ini data CPNS dari honorer K2 ditampilkan secara lebih rinci. Selain nama dan nomor peserta, data lainnya juga ditampilkan dalam pengumuman, seperti tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan awal dan akhir berikut tahun lulusnya, tanggal mulai terhitung (TMT) dan surat ketetapan (SK) pengangkatan, nama pekerjaan, dan unit kerja

Lulus Honorer K2 Tidak Dapat NIP


Proses Pengusulan Tenaga Honorer Kategori II (K2) yang lulus seleksi CPNS tahun 2013 lalu ternyata banyak yang terganjal dalam penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai).

Mereka umumnya tidak diberikan NIP sekalipun diusulkan oleh Walikota/Bupati, Gubernur dan K/L dapat dinyatakan batal [berkas tidak lengkap/BTL] atau tidak memenuhi syarat [TMS] sesuai dengan ketetapan undang-undang.

Beberapa diantaranya justru dianggap berkasnya tidak lengkap. Untuk itu perlunya instansi yang bersangkutan memahami proses pengusulan NIP khusus untuk pengusulan CPNS dari honorer K2.

Berdasarkan data yang telah diterbitkan BKN per tanggal 17 Oktober 2014, baru 415 instansi yang sudah mengusulkan NIP ke BKN. 32 Kementerian/Lembaga dan 383 Pemerintah Daerah.

Untuk Formasi Tahun Anggaran 2013-2014, per tanggal 17 Oktober 2014 yang sudah ditetapkan NIP CPNS dari Tenaga Honorer Kategori II (K2) 66.294 orang. Sementara formasi yang diusulkan mencapai 115.946 orang. Sehingga sisa K2 yang belum ditetapkan NIP CPNS nya kurang lebih 45.142 orang.

Lulus Honorer K2 Tidak Dapat NIP

Dalam proses penetapan NIP CPNS K2, Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagi proses menjadi sebuah tabel yang memuat diantaranya :
  • Formasi (tabel 1) artinya adalah K2 yang lulus seleksi CPNS tahun 2013 menurut pengumuman laman MenPANRB.
  • Usul Masuk artinya K2 yang diusulkan oleh instansi untuk proses NIP CPNS.
  • DITETAPKAN artinya K2 yang sudah ditetapkan NIP CPNS nya.
  • BTL artinya K2 yang dalam proses ternyata Berkas Tidak Lengkap (BTL).
  • TMS artinya K2 yang dalam proses dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk diangkat atau dibuatkan NIP CPNS nya.
  • SISA BEBAN artinya sisa K2 yang belum ditetapkan NIP CPNS nya.
  • SISA FORMASI artinya sisa antara K2 yang lulus seleksi CPNS dikurangi dengan K2 yang diusulkan oleh instansi.
Berikut adalah isi Surat Kepala BKN bernomor : K.26-30/V.75-6/99, Perihal Dispensasi Perpanjangan Waktu Penyampaian Usul Penetapan NIP tertanggal 28 Mei 2014.

Surat BKN Tentang Penetapan NIP CPNS Honorer K2 ini adalah merupakan solusi BKN atas adanya permohonan Dispensasi Perpanjangan Waktu Penyampaian Usul Penetapan NIP dari pelamar umum, tenaga honorer K.I, dan K.II Formasi Tahun Anggaran 2013 dan 2014

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. Jika penetapan nip 2013-2014 sudah keluar di setiap kota., apakah nip cpns langsung bisa dilihat pada bkn.go.id/profile-pns. Dan bln tmt brp?

    ReplyDelete
  2. Bapak Presiden yth,
    bagaimana dengan kami yang sudah mengabdi lama (10-16 thn) namun tidak terdata, apakah kami masih dilindungi negara? memeng tidak dalam jumlah banyak tapi juga butuh hidup dan menghidupi anak-anak kami, kami butuh solusi dar Bapak? terima kasih

    ReplyDelete
  3. TMT SK TH K2 untuk 2013 dan 2014 bulan apa ya.. makasihh...

    ReplyDelete
  4. As'al,....saya mengabdi di kemenag sudah 33 th,didatabasepun sdh ada,jam krj sy melebihi pns,blm prnh tdk msk kecuali sakit yg bs dihitung dg jari,bila Alloh menghendaki sy jd pns tinggal nunggu nipnya aja.kpd rekan"senasib jual belilah dg Alloh biar hdp tenang,jangan berharap dr manusia yg pst akan mengecewakan.percayalah rizki sdh diatur.amiiiin....

    ReplyDelete

Terbaru Info Sharing