Home » » Ujian Online SMA CBT 17 April 2015

Ujian Online SMA CBT 17 April 2015

Jadwal ujian nasional berbasis komputer tingkat SMA tahun 2015 mundur dari tanggal 7 April menjadi tanggal 13 April 2015. Penundaan pelaksanaan UN SMA Online 2015 ini berdasarkan pada keputusan Kemenbud Dikdasmen.

Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI merevisi jadwal Ujian Nasional (UN) online untuk SMA, dinilai banyak kalangan akan berpengaruh pada psikologis belajar siswa.

Sementara itu, pengamat pendidikan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oloe (UHO) Kendari, Drs La Tahang SPd MPd, mengatakan, siswa sebaiknya tidak terlalu terpengaruh dengan beberapa isu tentang pengunduran jadwal pelaksanaan UN SMA Online Tahun 2015 .

Ujian Online SMA CBT 17 April 2015

Sebab, menurutnya pengunduran pelaksanaan UN hanyalah persoalan teknis pelaksanaan, bukan pada persoalan psikologis siswa itu sendiri.

UN Online Diundur


Nizam Zaman selaku Kepala Pusat Penilaian dan Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud mengatakan bahwa pelaksanaan UN SMA berbasis kertas (paper based-test/ PBT) dan UN CBT dan PBT untuk SMK dan sederajat dilaksanakan secara bersamaan. “Sedikit perubahan jadwal saja,”.

Nizam menambahkan, UN CBT akan tetap memakan waktu lebih lama dibanding PBT. Yakni, selama satu pekan. Dengan demikian diperkirakan rampung pada tanggal 21 April 2015. “Jadinya tambah Senin 20 April dan Selasa 21 April. Karena kan satu hari satu mata pelajaran,” jelasnya.

Perubahan jadwal pelaksanaan ini pun, kata dia, tidak akan berpengaruh pada jadwal mata pelajaran yang akan diujikan. Dia mengatakan, jadwal masih akan sama dengan jadwal sebelumnya.

Perubahan jadwal ini diduga terjadi karena ketidaksiapan sistem untuk CBT. Selain itu, kesiapan dari pihak sekolah dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang masih belum pasti.

UN Online SMA Diundur

Namun hal itu ditampik oleh Nizam. Dia menegaskan, seluruh persiapan masih sesuai jalur. “Ini hanya agar selaras saja. Insya Allah piloting UN CBT tetap dilaksanakan sesuai rencana,” tuturnya. Seperti informasi yang dilansir metrosiantar.

Dia menambahkan, saat ini tim masih terus melakukan persiapan. Pekan lalu, tim kembali turun ke lapangan untuk memverifikasi ulang kesiapan dari sekolah-sekolah menengah kejuruan (SMK).

Untuk itu, pekan depan pihaknya akan kembali mengumumkan nama-nama sekolah yang akan melaksanakan UN CBT itu.

Pengumuman Kelulusan Hasil Ujian Nasional SMA Tahun 2015


Di tahun 2015 pemerintah merencanakan pelaksanaan ujian nasional SMA 2015 memakai sistem komputer Computer Based Test (CBT). Pelaksanaan ujian nasional (UN) computer based test (CBT) bukan berarti pengerjaan soal UN dilakukan secara online.

Melainkan dengan memanfaatkan komputer yang tersedia di masing-masing sekolah. uji coba CBT baru akan dilaksanakan pada siswa bangku SMA yaitu sebanyak 458 sekolah perintis pada tahun ini. Asalkan, kata Anies Baswedan, sekolah sudah menyatakan siap.

Daftar nama-nama lulus UN SMA/MA/SMK tahun 2015 akan diumumkan secara resmi oleh pemerintah nantinya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pemerintah dan Kementrian Pendidikan Nasional.

Pengumuman Kelulusan UN SMA 2015

Dan tanggal daftar pengumuman kelulusan siswa-siswi SMA sederajat di tahun 2015 akan diumumkan pemerintah pada tanggal 18 Mei 2015.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment